Jartup dan Penetrasi Internet Indonesia

Pemilik Jaringan Telekomunikasi Tertutup (Jartup) adalah perusahaan telekomunikasi besar di Indonesia. Mereka mengelar Jaringan Kabel maupun Radio Link ke berbagai Penjuru Indonesia, namun sayang di daerah-daerah terpencil sering tidak tercover oleh mereka, bahkan mereka tatap melakukan interkoneksi internet (internet exchage) di Jakarta. Di Setiap Provinsi yang idealnya ada Internet Exchange kurang didorong oleh pemerintah. Pembagian Penggunaan kapasitas kabel ini untuk Kepentingan Masyarakat dan Nasional sebesar misal 10% kapasitas dari pengelola Jartup perlu dipikirkan.
Ada beberapa Level Internet Service Provider di Indonesia, mereka biasa menyewa kabel milik operator besar, dan Internet Exchange yang terpusat di Jakarta karena tidak adanya kabel antar Internet Exchange, maka dari itu Pemerintah perlu memikirkan 10% dari kapasitas Kabel operator Jartup digunakan untuk Kepentingan Nasional. Sebagai contoh menghubungkan antar Internet Exchange di setiap provinsi, dan mungkin 10% dari kapasitas ini diatur taripnya untuk operator kecil maupun RT/RW net agar intenet murah bisa dirasakan oleh masyarakat menengah kebawah.
Yah pemerintah tidak hanya perlu menarik retribusi dari Kabel yang dipasang atau pajak dari kabel yang dipasang namun Pemerintah perlu memikirkan Kepentingan Nasional dan Masyarakat luas.
Kepentingan nasional misal : Jaringan Puskesmas, Sekolah, Kepolisian, dan lain-lain.

Leave a Reply